Blog Image

Blog

Tradisi puasa selama Ramadhan di Korea Selatan

May 22, 2018
Tradisi puasa selama Ramadhan di Korea Selatan image

Bulan Ramadhan, bulan yang emang kita tunggu-tunggu banget, bulan penuh berkah ini, banyak banget hal yang cuman bisa kita temuin di bulan Ramadhan aja. Contohnya nih suasana rame pas jam jam sore pulang kerja yang bikin macet, makanan yang cuman ditemuin pas bulan puasa aja, dan juga suasana pagi yang sepiii banget gak ada kegiatan, serta chat grup yang ribut tentang bukber yang cuman jadi wacana aja.

Tapi, pernah kepikiran gak sih gimana kalau puasa di luar negeri? Contohnya di korea deh, ternyata puasa di Korea itu beda loh! Yuk simak artikel ini yang udah sofi rangkum dari beberapa artikel



 1.Puasa selama 17 jam, terutama di musim panas.

( foto : korea-hotels.net )

17 Jam? Beneran loh! Lama banget kan, gak kaya di Indonesia yang biasanya puasa hanya 13 Jam dari jam setengah 5 hingga jam 6 kurang. Dan juga nih, biasanya paling berat itu ketika musim panas loh karena matahari akan bersinar lebih lama dari biasanya, apalagi dengan suhu yang mencapai 25 – 38 derajat Celsius.



 2. Puasa? Restoran disana selalu buka.

( foto : seoulistic )

Karena bukan negara bermayoritas muslim, pasti restoran buka seperti biasanya itu emang gak aneh, apalagi populasi muslim di Korea hanya sedikit. Jadi harus ekstra menahan godaan dari makannya nih, apalagi Korea terkenal dengan makanan makanannya yang enak dan menggugah selera, lalu harus ekstra jaga hati karena budaya berpakaian yang berbeda juga dari kita, apalagi banyak Oppa yang ganteng hihi.



 3. Masjid yang ramai dari subuh hingga malam hari.

( foto : republika )

Nah, tapi kabar baiknya buat kamu muslim yang sedang berada di Korea, gak akan terlalu bingung karena pada saat bulan Ramadhan, biasanya orang-orang muslim Korea akan mendatangi masjid apalagi saat waktu Tarawih, kamu akan menemukan muslim-muslim pendatang dari berbagai korea, ada juga warga muslim Korea asli loh! Biasanya masjid yang paling ramai itu adalah Masjid Central Seoul.



 4. Menu buka puasa yang variative dari berbagai negara.

(foto : cicicookies )

Seperti yang dilansir dari SalamKorea.com, ternyata masjid-masjid di Korea Selatan gak cuman menyajikan makanan Korea aja loh! Masjid-masjid itu juga biasanya menyajikan makanan dari berbagai negara secara bergantian, karena di Korea sendiri banyak masyarakat muslimnya yang ternyata adalah pendatang, Indonesia contohnya.

 

 5. Kurang tahu soal Ramadhan.

( foto : youtube.com )

Nah, ternyata di Korea sendiri banyak loh warganya yang kurang tahu apa itu Ramadhan, dan orang-orang akan aneh ketika melihat kamu gak makan dan minum selama beberapa minggu padahal itu adalah bulan Ramadhan, tapi ada juga beberapa warga yang tahu kalau kamu sedang berpuasa, dan kadang ada yang baik juga akan memberikan kamu makanan untuk berbuka.



 6. Tradisi sayembara MTQ buat masyarakat Muslim Korea.

( foto : korea.net )

Nah, dikutip dari salamkorea.com, KMF (Korean Muslim Federation) ternyata punya tradisi yang dilakukan setiap bulan Ramadhan tiba loh! Mereka akan mengadakan sayembara MTQ di Masjid Central Seoul setiap hari jum’atnya. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara warna muslim di negara ini.

 

Nah, itu diatara beberapa fakta puasa di Korea Selatan, ternyata ada manis pahitnya gitu ya Eonni! Hmm.. jadi kamu mau coba nih menjalani Ramadhan di Korea?

 

Source : brilio.net, cewekbanget.id, salamkorea.com