Blog Image

Blog

Dampak yang terjadi pada tubuh jika mengabaikan Stress

June 28, 2018
Dampak yang terjadi pada tubuh jika mengabaikan Stress image

Sekarang, siapapun bisa mengalami stres. Bukan cuma orang dewasa, tapi kita yang masih menginjak usia remaja juga rentan mengalami gangguan kesehatan mental ini.

Banyak dari kita yang masih belum paham soal pentingnya menyadari keadaan stres. Alhasil, kita jadi lebih sering mengabaikannya. Padahal, mengabaikan stres untuk waktu yang cukup lama ternyata bisa memberi dampak buruk buat kondisi fisik tubuh kita.

Yuk, kenali lebih lanjut soal dampak buruk yang akan terjadi pada tubuh ketika kita mengabaikan stres.

Stress menyebabkan gangguan kesehatan

Menurut Dr. Sherry Benton, psikolog dan founder dari website terapi online, TAO Connect, menyebutkan bahwa ketika kita dengan sigap menyembuhkan stres yang kita miliki, maka tubuh kita akan kembali ke keadaan yang normal. Namun jika stres tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka ada banyak dampak buruk yang bisa terjadi.

Stres yang bertahan cukup lama menyebabkan adrenalin dan kortisol (hormon penyebab stres) mengganggu kerja jantung. Alhasil level kortisol yang tinggi akhirnya memicu gangguan kesehatan seperti, insomnia, penyakit jantung, melemahnya sistem imun, diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan pada pencernaan, perubahan siklus menstruasi, anxiety, depresi, hingga kemandulan.

Menurut Dr. Benton, stres yang tidak segera diobati akan makin membawa dampak buruk untuk kesehatan.

Stres kronis yang hanya berlangsung selama satu minggu saja, bisa menyebabkan anxiety, insomnia, dan masalah pencernaan. Jika lebih lama lagi, akan menyebabkan depresi dan serangan jantung.

Cara menyembuhkan stress

1. Meditasi

Dr. Benton menjelaskan bahwa meditasi telah banyak dibuktikan oleh para ilmuwan sebagai salah satu cara yang efektif untuk mengurangi gejala stres. Dengan bermeditasi secara teratur setiap harinya, kita jadi merasa lebih bersemangat dan pikiran kembali fresh.

2. Olahraga

Olahraga seperti aerobic, juga telah terbukti bisa mengurangi stres. Nah, kalau selama ini kita malas berolahraga, kita bisa mulai mencobanya dengan berjalan santai selama 10-20 menit. Lakukan di luar rumah atau di lingkungan yang segar dan asri supaya pikiran kita jadi bisa refresh.

3. Have fun

Tertawa adalah kunci utama untuk menghilangkan rasa stres. Sama hal-nya dengan mencoba hal yang baru dan menghabiskan waktu melakukan kegiatan yang kita sukai.

Aktivitas seperti ini menstimulus otak dan sistem syaraf kita untuk melawan stres. (YourTango)

Artikel Asli >