Blog Image

Blog

Tips Diet Setelah Lebaran

June 21, 2018
Tips Diet Setelah Lebaran image

Hmm.. cung siapa yang bales dendam waktu lebaran kemarin sampai-sampai nyobain semua masakan yang dihidangin di meja? Pasti deh susah banget nahan keinginan buat makan masakan khas lebaran apalagi opor ayam + ketupat + kentang goreng sambal dan gak lupa juga kerupuk emping, hayoo…

 

Gak sering juga kita khawatir nih, gara-gara hari lebaran eh berat kita malah tambah naik aja nih, kalau mau makan dikit kan sayang banget ini cuman setahun sekali aja, Eitsss.. tapi kamu gak perlu khawatir lagi Eonnie! Karena Sofi udah rangkumin nih beberapa tips buat nurunin dan jaga berat badan kamu setelah lebaran yang udah Sofi kutip dari beberapa sumber.

 

1. Lakukan olahraga yang beragam

 

Hal yang perlu kamu lakuin adalah melakukan olahraga, kamu bisa melakukan olahraga mulai dari yang ringan dan bisa kamu lakuin dirumah, seperti pushup, sit up, dan olahraga lainnya, lakukan setiap gerakan nya selama 30 detik dan beri jeda istirahat 5 detik ya! Setelah kamu melakukan olahraga ringan, kamu bisa mulai melakukan olahraga keluar rumah seperti lari sore, jogging pagi hari atau bersepeda keliling komplek nih!

 

2. Tidur Cukup

 

Menjaga pola tidur itu ternyata penting banget loh buat kesehatan kamu, termasuk saat kamu menjalani program diet. Faktanya semakin kamu kekurangan tidur, semakin kamu merasa lapar loh dan juga memicu kortisol (hormone stres) yang akhirnya bikin kamu nafsu makan dan juga munculnya lemak di perut kamu. Karena tidur juga dapat memperbaiki tubuhmu maka kalau kamu perlu tidur yang cukup agar tubuh kamu dapat memperbaiki diri secara maksimal.

 3. Ngemil sehat

 

Ngemil emang pilihan pas buat nunda lapar kita nih, tapi kalau kamu gak bisa memilih porsi dan jenis cemilan yang tepat dan sehat, nanti malah bakal ganggu program diet kamu loh.

4. Perbaiki pola makan setelah lebaran

 

Nah, setelah lebaran dan berketupat ria dan berdaging-daging ria, kamu harus mulai memperbaiki pola makan kamu lagi nih, mulailah makan makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayur, makanlah yang ringan dan tinggi kandungan airnya seperti melon dan juga semangka.

5. Minum cukup air setiap harinya

 

Pasti deh pas lebaran kita jarang banget minum air mineral, karna banyaknya macam minuman yang tersedia seperti sirop, minuman bersoda atau es buah, tapi jangan sampai lupa minum air yang cukup juga ya, mulai deh mengkonsumsi 8 gelas air perhari nya, selain bikin lancar pencernaan dan gak bikin dehidrasi, minum air juga bakal bikin kamu kenyang dan akhirnya mengurangi nafsu makan kamu.

 

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan setelah hari lebaran dan mengembalikan tubuh kamu ke seperti sediakala hihihi.. Tapi, walaupun ada tips-tips tersebut yang paling terpenting adalah niat kamu ya dan juga konsistensi kamu. Semangat diet sehat nya!

source : cewekbanget.id