Blog Image

Blog

Tips agar tetap sehat ditengah kesibukan kantor!

February 4, 2019
Tips agar tetap sehat ditengah kesibukan kantor! image

Assalamualaikum eonni! Kali ini Sofi mau ngebahas topik buat kira para pekerja kantoran nih! Tau sendiri kan kita pasti seharian duduk di depan komputer atau meja kerja kita. Ya, walaupun beberapa kantor sih udah ada system kerja yang lebih fleksibel, tapi tetep dong kita harus memperhatikan kesehatan tubuh, apalagi kita jadi kurang berolahraga, atau sering nyemil makanan yang tidak sehat dan cepat saji.

 

Tapi tenang eonni! Sofi punya tips untuk memiliki badan yang sehat walau kita itu sibuk di kantor.

 

 

1. Lakukan peregangan

 

Duduk di depan komputer seharian pasti deh bikin kita bosan, nah eonni bisa coba sesekali untuk bangun dari kursi kerja dan lakukan peregangan. Hal ini dapat membantu agar tubuh kita tetap segar meskipun bekerja di kantor seharian. Jangan malu dilihat oleh rekan kerja ya eonni! Kalau bisa itu bisa menjadi contoh yang baik bagi rekan kerja yang lain untuk menjaga kesehatan di kantor.

 

2. Gunakan aromaterapi

 

Menggunakan wewangian aromaterapi dapat mengubah mood seseorang sehingga meningkatkan konsentrasi dan kesehatan para karyawan. Eonni dapat memulainya dengan membeli beberapa minyak esensial organik atau minyak esensial ramah lingkungan yang aromanya dapat menimbulkan efek menyegarkan ke seluruh ruangan kerja eonni. Nah, setiap aroma mempunyai manfaatnya masing-masing, jadi eonni tinggal memilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan.

 

 

3. Perbanyak minum air putih

 

Nah, ini hal paling gampang dilakuin tapi gampang juga dilupain, minum air putih! Minum air putih yang cukup dapat memberikan manfaat yang sangaaaat banyak bagi tubuh loh! Baik secara fisik maupun mental. Air juga bisa membantu detoksifikasi dan kerja perncernaan, serta membantu eonni tetap waspada dan segar.

 

Eonni bisa meminum setidaknya 8 gelas sehari, jadi Eonni dapat menaruh botol minum di meja kerja dan isi ulang begitu habis. Kan bakal lebih gampang dan gak perlu bulak balik ambil air putih ke pantry, yuk coba mulai kebiasaan baik ini dari sekarang!

 

  

4. Tempatkan tanaman di meja kerja

 

Tanaman tidak hanya berfungsi untuk memperindah ruangan loh! Tapi baik juga untuk mengurangi stress dan beberapa penyakit ringan seperti batuk, kulit kering dan sakit kepala. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Tina Bringslimark dari Norwegian University of Life Sciences and Uppsala University di Swedia menunjukkan bahwa seorang karyawan yang meletakkan tanaman di meja kerja dapat terhindar dair penyakit. Selain dapat memperbaiki mood, tanaman juga dapat menyerap racun dan menggantinya dengan oksigen.

 

 

5.       Bersosialisasi dengan Kolega

 

Penting bagi kita untuk tetap bersosialisasi dan menciptakan kedekatan dengan kolega, selain dapat meningkatkan produktivitas eonni dalam bekerja, ternyata hubungan antar kolega juga dapat mempengaruhi kesehatan eonni. Dengan bersosialisasi dengan kolega, eonni juga dapat menambah wawasan baru, membangun koneksi dengan orang lain yang akan bermanfaat untuk masa depan dan saling membantu jika terjadi kesulitan dalam hal pekerjaan atau hal lainnya.

 

 

6. Sisihkan waktu untuk berolahraga Bersama

 

Nah, sekarang mungkin sudah banyak kantor yang menerapkan suatu kegiatan berupa game olahraga selepas waktu kantor misalnya yoga, Zumba, basket, futsal ataupun jenis olahraga lainnya. Nah, agar tetap sehat dan bugar, eonni dapat berpartisipasi dalam aneka game yang ditawarkan nih! Tapia da juga kantor yang mengharuskan pegawainya untuk berolahraga di sela-sela jam kerja saat ada music berbunyi. Jika kantor tempat eonni bekerja belum  ada kebijakan semacam ini, jangan segan-segan untuk mengajukan ide ini ke bagian HRD ya!

  

 

7. Jaga kebersihan diri dan area kerja

 

Tahukan eonni, rata-rata meja kerja mengandung seratur kali lebih banyak bakteri dibandingkan dudukan toilet? Nah, karena itu jagalah area kerja eonni tetap tersusun rapi dan rapikan meja kerja eonni setiap hari sesaat sebelum pulang kerja. Lakukan pemberihan keyboard minimal 1 minggu sekali. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Sediakan pembersih tangan dan cairan pembersih meja di meja kantor eonni ya!

 

Karena sebenarnya sangat penting untuk kita tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kita selama berada di kantor. Karna akan berperan menentukan tingkat stress dan juga mood kita loh! Akhirnya produktivitas kita akan meningkat

<artikel asli>