Blog Image

Blog

Cerita Hijrah menjadi Mualaf : Ayana Jihye Moon

March 16, 2019
Cerita Hijrah menjadi Mualaf : Ayana Jihye Moon image

Hei Eonni! Kalau kamu sering banget liat dresssofia pasti udah gak asing kan sama Ayana Jihye Moon? atau @xolovelyayana?

Yap, Ayana Jihye Moon adalah seorang perempuan cantik asal Korea yang memutuskan untuk menjadi seorang mualaf dan berhijab.

 

Walau awalnya dulu sempat selalu dikira bahwa Ayana ini adalah mantan anggota girlband (Ayana sendiri sudah mengkonfirmasi hal tersebut) tapi tetap saja rumor yang beredar mengatakan seperti itu, tapi diluar rumor tersebut Ayana hanyalah seorang murid biasa yang tertarik menjadi Muslimah dan akhirnya memutuskan untuk masuk islam adalah karena tertarik untuk mempelajari budaya timur tengah serta ajaran islam.

 

“Awalnya saya menyukai kultur Timur Tengah dan tidak mengetahui, serta belum tertarik tentang Islam. Namun, setelah memperlajari lebih dalam tentang Timur Tengah, akhirnya membuat saya tertarik tentang Islam hingga akhirnya membuka hatiku menjadi mualaf.” Ujarnya saat dijumpai di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatn, Rabu 3 Mei 2018 kepada MNC Media.

 

Menjadi seorang Muslimah memang bukanlah hal yang mudah apalagi ada pertentangan dengan keluarga dan teman karena perubahan drastis Ayana, karena langsung berhijab ketika menjadi mualaf. Dan juga secara tidak langsung menjadikan Ayana sebagai warna minoritas di Korea.

 

Namun, dengan yakin wanita yang berprofesi sebagai model Muslim itu menjelaskan kepada keluarga dan temannya. Sempat diacuhkan oleh keluarga, namun akhirnya mereka luluh dan menerima perubahan dirinya.

 

“Sulit untuk menjadi Muslim di Korea. Pertama kali mengatakan aku menjadi seorang mualaf, orangtua dan teman kaget. Mereka seakan menolak saat aku memutuskan untuk memakai hijab. Namun, dengan penjeasan dan pengertian, akhirnya mereka luluh” ucapnya sambil tersenyum.

 

Menurut Sofi sendiri, Ayana merupakan sosok yang sangat humble dan murah senyum, dan juga tidak mau merepotkan, seperti yang sofi alami sendiri ketika sedang bertemu dengan Ayana.

 

Dan Ayana membuktikan sendiri bahwa, sebagai orang Korea, memeluk Islam bukanlah keputusan yang salah, dan Ayana bisa menjadi orang yang sangat menginspirasi, terbukti dengan karirnya yang semakin terang dan menjadi seorang Influencer.

 

Semangat terus ya Ayana!