Blog Image

Blog

Dampak buruk terlalu banyak begadang

March 5, 2019
Dampak buruk terlalu banyak begadang image

Assalamualaikum eonni!

Hayoo.. jujur deh, siapa dari kalian disini yang sering banget begadang? Iya.. Sofi juga suka banget begadang nih entah itu kerja, nonton drama, atau hal lainnya. Beberapa orang juga menganggapnya hal yang wajar.

Padahal normalnya seseorang itu membutuhkan waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah sekitar tujuh sampai delapan jam. Sedangkan anak-anak dan remaja butuh waktu tidur lebih lama sekitar 8-12 jam.

Tapi, ternyata keseringan begadang juga gak baik loh eonni untuk kesehatan, karena dapat meningkatkan resiko sejumlah masalah kesehatan serius, mulai dari hipertensi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, hingga kematian dini. Gak heran deh kenapa yang sering begadang rata-rata memiliki masalah lemak, gampang emosian, dan juga imunitas tubuh yang rendah.

Ini sudah dibuktikan oleh periset asal Inggris dan Italia yang telah menganalisis kebiasaan tidur dari 1,3 juta orang yang dikumpulkan dari 16 studi terpisah. Temuannya menunjukkan bahwa orang yang setiap malam tidur kurang dari 6 jam cenderung berisiko mengalami kematian dini sebesar 12 persen, mereka juga menemukan bahwa orang yang mengurangi waktu tidur dari tujuh jam menjadi lima jam atau kurang memiliki 1,7 kali risiko kematian lebih cepat. Nah, apa sih penyebabnya eonni?

Ternyata tidur malam kurang dari 5 jam dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah. Terlebih lagi, kurang tidur juga dapat memicu terjadinya kekurangan magnesium yang dapat menyebabkan pengerasan dindin pembuluh darah arteri (ateroskelosis). Aterosklerosis dapat meningkatkan risiko eonni terhadap hipertensi, stroke, dan masalah jantung lainya.

Gak cuman sampai disitu, efek begadang juga tampak pada peningkatan kadar gula darah tubuh. Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh resisten terhadap insulin serta meningkatkan hormon stress Kortisol sehingga tubuh tidak bisa menyerap sisa gula yang ada dalam darah. Akibatnya, kadar gula dalam darah semakin meningkat. Kondisi ini dapat memicu diabetes.

Efek begadang terlalu sering juga dapat meningkatkan pelepasan hormon lapar ghrelin yang bisa membuat nafsu makan meningkat. Gak heran kalau kurang tidur bisa bikin gemuk (setuju), dan akhirnya bisa memicu obesitas.

Apalagi, kurang tidur juga dapat menurunkan fokus dan kewaspadaan, sangat berbahaya untuk kita yang berkendara, dan juga akan menurunkan kinerja kita saat bekerja loh!

 

 

Tips agar tidur lebih nyenyak

Nah, pengetahuan soal bahaya kurang tidurnya udah kan. Sekarang waktunya ngasih tips agar tidur eonni nyenyak nih, bisa coba tips sederhana ini :

 

-          Pasang alarm untuk waktu tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan. Nah, kalau eonni harus bangun jam 6 pagi, pastiin sudah tidur pukul 11 malam agar bisa mendapatkan 8 jam tidur malam.\

-          Hindari beraktivitas fisik sebelum hendak tidur. Kalau eonni mau berolahraga sebelum tidur, lakukan minimal 2 – 3 jam sebelum waktunya tidur.

-          Hindari kafein, rokok dan alcohol saat hendak tidur.

-          Jangan sering tidur siang diatas jam 3 siang. Nah, waktu tidur yang terlalu sore justru bakal buat eonni terjaga dan merasa segar dimalam hari

-          Coba lakukan hal-hal yang membuat eonni tenang dan rileks sebelum pergi tidur. Misalnya dengan mendengarkan lagu, membaca buku, berendam air hangat, atau aktivitas lainnya yang membuat eonni merasa lebih santai

-          Buatlah suasana kamar tidur yang nyaman, sepi, gelap dan dingin. Hindari hal-hal yang bisa mengganggu tidur, seperti TV dan gadget. Apalagi nonton drakor dan kangenin dia yang belum tentu mikirin kamu.

-          Nah, kalau eonni udah lakuin itu semua selama di Kasur selama 20 menit dan masih aja gak bisa tidur, coba deh untuk bangun sebentar dan melakukan aktivitas lain agar eonni tidka merasa stress. Cemas dan khawatir karena tidak bisa tidur malah membuat eonni semakin segar dan gak bisa tidur.

 

Nah, itu dia sedikit informasi tentang bahayanya terlalu banyak begadang dan juga tips agar eonni bisa tidur lebih nyenyak, semoga sekarang kita semua dapat memperbaiki pola hidup kita ya! Semoga bermanfaat

<artikel asli>