Blog Image

Blog

Berat badan naik setelah lebaran? Ikuti tips ini deh!

June 11, 2019
Berat badan naik setelah lebaran? Ikuti tips ini deh! image
Assalamualaikum eonni, Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin ya
 
Hihi… lebaran itu pokoknya identik sama kumpul keluarga, ditanya kapan nikah, dan juga… opor ayam! Hayoo… siapa yang suka kelepasan waktu lagi kumpul dirumah bareng keluarga dan makan opor beberapa porsi, hihi.. Sofi juga gitu kok!
 
Gimana engga, perpaduan opor ayam, ketupat, kentang sambal, krupuk emping, acar, bawang goreng… uhh, kebayang kan enaknya gimana?
 
Tapi, secara gak sadar malah bikin timbangan kita terus naik nih! Duh, pusing gak sih? Ditambah tubuh kita juga kurang gerak karena mager buat kemana-mana.
 
Nah, untuk itulah Sofi share tips buat kalian yang galau karena timbangan naik sehabis lebaran
 
Pertama, kita harus tau dulu nih apa sih penyebab naiknya berat badan kita?
dikutip dari liputan6, ini dia penyebab naiknya berat badan kita
 
1. Mengonsumsi makanan yang tinggi kalori
 
Gak dipungkiri lagi, menu sajian lebaran umumnya tinggi akan kandungan kalori. Seperti yang Sofi ceritain diatas barusan.
 
Kalau dalam satu hari kebutuhan kalori yang dibutuhkan tubuh hanya sekitar 2000 kalori saja, maka jumlah tersebut dapat sekaligus eonni dapatkan dalam satu porsi makanan lebaran. Nah ini nih yang menyumbang kenaikan berat badan paling tinggi, hih serem kan!
 
2. Mengonsumsi makanan yang tinggi gula
 
Selain makanan besar, momen lebaran juga tak luput dari panganan ringan seperti kue kering. Nah kue kering yang hadir saat lebaran ini ternyata mengandung gula yang tinggi loh!
 
Ditambah lagi sajian minuman manis yang ada saat lebaran, semakin membuat jumlah asupan gula dalam tubuh eonni semakin meningkat. Hal inilah yang menyebabkan berat badan makin bertambah, akhirnya meningkatkan risiko obesitas maupun penyakit diabetes.
 
3. Kurang Tidur
 
Hayo, jujur deh siapa yang suka lupa waktu kalau lagi kumpul bareng saat lebaran? Nah itu bakal bikin kita kurang tidur yang akhirnya membuat peningkatan hormone ghrelin, yang memicu nafsu makan, akhirnya kita bakal terus merasa lapar deh
 
4. Kurang melakukan aktivitas fisik
 
Gak dipungkiri, kalau saat lebaran pasti kita lebih memilikh buat duduk dan bersantai lebih lama di rumah. Akibatnya, tubuh kita akan mengalami surplus kalori. Di mana jumlah kalori yang masuk akan lebih banyak daripada yang dibakar. Kelebihan kalori tersebut akan menumpuk dalam tubuh, menjadi lemak dan membuat berat badan makin meningkat.
 
Nah, sekarang udah tau kan penyebab badan kita naik waktu lebaran kemarin? Sekarang kita cari tau bagaimana cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang sangat mudah, tentunya harus dilakukan dengan rutin ya!
 
Cara menurunkan berat badan setelah lebaran
 
1. Kurangi cemilan
 
Cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang bisa kita terapin pertama kali adalah dengan tidak ngemil. Ya, karena ternytata cemilan yang kita makan itu justru yang mengandung dan ikut menyumbang kalori loh, apalagi mereka itu biasanya akan membuat kita ketagihan dan akan terus memakannya.
 
Minimal kita bisa mengurangi kebiasaan ngemil kita, kita hanya akan mengandalkan makan besar tiga kali sehari aja, secara tidak langsung otomatis berat badan kita akan menurun.
 
2. Makan sedikit namun sering
 
Kalau eonni sulit mengendalikan nafsu makan yang berlebihan, eonni bisa tetap melakukan cara menurunkan berat badan setelah lebaran dengan mengubah strategi pola makan. Ya, eonni bisa makan tiga kali sehari dalam porsi biasa. Kemudian ada waktu ngemil diantara jam-jam makan besar. Cobalah untuk membagi tiga kali porsi makan tersebut menjadi 5-6 kali makan dengan porsi yang lebih kecil.
 
Nah, makan dengan jumlah yang sedikit tapi sering ini bakal membantu kita untuk mengendalikan nafsu makan. Sehingga kita gak tergoda untuk ngemil. Selain itu, pola makan tersebut juga dapat mengkondisikan lambung menjadi merasa cukup dengan porsi makan yang sedikit.
 
3. Mengurangi konsumsi makanan yang manis dan berlemak
 
Makanan yang berlemak serta makanan dan minuman manis merupakan salah satu penyumbang kalori utama. Selain itu, jenis makanan tersebut juga merupakan sumber masalah berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, stroke, serta penyakit jantung.
 
Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk mengurangi makanan yang digoreng, daging berlemak, makanan laut (kecuali ikan), telur puyuh, aneka kue, keripik, dan minuman kemasan yang diberi tambahan gula.
 
4. Perbanyakan Konsumsi sayur dan buah
 
Nah, seperti yang kita tau buah dan sayur itu banyak mengandung manfaat, karena selain baik untuk pencernaan, sayur dan buat juga dapat membantu kamu kenyang lebih lama. Hal ini pun membuat kamu gak bakal tergoda buat ngemil atau makan dengan porsi banyak.
 
5. Olahraga secara teratur
 
Menjaga pola makan yang sehat dan bergisi memang hukumnya wajib buat menurunkan berat badan. Namun, kamu juga tidak boleh melupakan akan pentingnya manfaat dari olahraga secara rutin. Ya, dengan melakukan olahraga kamu dapat meningkatkan pengeluaran kalori, menjadikan tubuh segar, serta menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit.
 
Pada saat awal menurunkan berat badan, kamu bisa melakukan olahraga cardio untuk membantu mempercepat pembakaran lemak, yang disarankan untuk dilakukan minimal 30 menit nonstop setiap harinya. Lama-kelamaan setelah kamu terbiasa melakukannya, durasi dapat ditingkatkan secara bertahap menjadi 60 menit dalam sehari. Berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu, yang dapat dibagi menjadi 3-5 hari.
 
Nah, itu dia diantaranya cara-cara untuk menurunkan berat badan sehabis lebaran, jadi gak perlu khawatir ya selama eonni melakukannya dengan rutin dan giat insyaallah akan menurunkan berat badan kamu!