Blog Image

Blog

Anti Lemas Saat Berpuasa, Lakukanlah 5 Hal Ini!

May 4, 2020
/
Health
Anti Lemas Saat Berpuasa, Lakukanlah 5 Hal Ini! image

 

Assalamualaikum, Eonni!

Ketika berpuasa, tubuh akan mudah merasa lesu dan lemas loh, karena harus menahan rasa lapar dan haus seharian. Namun bukan berarti rasa lemas itu tidak bisa diatasi. Buktinya masih banyak orang yang tetap bisa semangat beraktivitas walaupun sedang berpuasa.

Nah kalau eonni termasuk orang yang sering merasa lesu dan lemas saat berpuasa, maka eonni harus lakukan 5 hal berikut ini supaya lebih energik:

1. Tidur lebih awal

Selama bulan puasa, jam tidur kamu tentu saja akan berubah karena kamu harus bangun pagi-pagi untuk makan sahur. Oleh karena itu supaya kamu memiliki cukup waktu untuk beristirahat, maka kamu harus mengubah jam tidurmu.

Usahakan untuk tidur lebih awal selama bulan puasa, sehingga kamu tetap memperoleh cukup waktu beristirahat. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan terasa lebih segar.

2. Perhatikan menu makananmu

 

Ketika makan sahur, perhatikanlah menu makananmu. Untuk menghindari rasa lesu dan lemas selama berpuasa, hindarilah mengonsumsi terlalu banyak makanan manis pada saat sahur. Karena makanan manis bisa membuat gula darahmu naik dan turun dengan cepat. Hal ini bisa membuatmu lemas. Selain itu, hindari juga terlalu banyak menyantap makanan yang asin karena akan membuatmu mudah merasa haus.

3. Minum air putih secukupnya

 

Walaupun kamu sedang berpuasa, namun kamu tetap perlu memperhatikan kebutuhan tubuhmu akan cairan. Kekurangan cairan tubuh bisa membuatmu merasa lemas. Oleh karena itu, ketika sahur minumlah air putih secukupnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu. Tapi jangan minum air putih dalam jumlah banyak sekaligus, hal ini malah bisa membuatmu ingin buang air kecil terus menerus. 

4. Tetap lakukan olahraga ringan

 

Walaupun saat berpuasa kamu harus menahan lapar dan haus, namun bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan saja. Terlalu banyak tidur atau kurang banyak bergerak, malah bisa membuatmu merasa lesu dan lemas. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan olahraga ringan selama berpuasa, misalnya melakukan yoga.

5. Konsumsi vitamin

 

Untuk menambah daya tahan tubuh saat berpuasa, kamu bisa mengonsumsi vitamin tambahan ketika sahur. Dengan daya tahan tubuh yang baik, maka kamu juga tidak akan mudah sakit ataupun merasa lesu dan lemas selama berpuasa. Walaupun vitamin punya banyak manfaat, namun jangan mengonsumsinya dengan berlebihan.